Warga Bakal Memiliki Perpustakaan Daerah Super Mewah, Nilainya Rp 9,75 M, Gebrakan Pj. Bupati Lotim - Jejak Info

Kamis, 06 Juni 2024

Warga Bakal Memiliki Perpustakaan Daerah Super Mewah, Nilainya Rp 9,75 M, Gebrakan Pj. Bupati Lotim

Gandeng perusahaan Bonafide, Pj. Bupati  Lotim
bakal bangun perpustakaan mercusuar 



JejakInfo,  Lombok Timur NTB – PT ANINDITA Konstruksi Jaya dan Pj Bupati Lombok Timur H.M Juaini Taofik, Meresmikan Pembangunan Gedung layanan Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur, yang berlokasi di Selong, Kabupaten Lombok Timur, Rabu (05/06/2024).

Pj Bupati berharap terbangunnya Gedung ini beserta fasilitas penunjang akan memberikan keamanan dan kenyamanan pembaca didalamnya dan akan meningkatkan jumlah pengunjung ke Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lombok Timur.

Hadir dalam kegiatan Groundbreaking saat peletakan batu pertama, Pimpinan PT ANINDITA Konstruksi Jaya dan Sekdis Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah, Sekdis Bangkespoldagri, Kepala PTKAD, Kepala Bapeda dan Jajaran dari OPD Lombok Timur.

Pembangunan Gedung Layanan yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional RI untuk tahun anggaran 2024 dengan nilai Rp. 9,75 miliar direncanakan memiliki 3 lantai dengan total luas bangunan sebesar 1.779 m2, Proyek ini ditargetkan selesai dalam waktu 210 hari kalender atau sekitar 7 bulan, yang diharapkan selesai pada akhir November mendatang.

Dalam kesempatan tersebut. Pj Bupati Lombok Timur, menekankan pentingnya prinsip 3T dalam setiap peletakan batu pertama, yaitu Tepat Sasaran, Tepat Mutu, dan Tepat Waktu, Ia mengingatkan pelaksana, konsultan pengawas, dan konsultan perencana agar dapat bekerja sama secara sinergis untuk menyelesaikan pembangunan sesuai dengan rencana. “Mari kita saling mendukung agar apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Tentunya dengan doa dan restu bersama,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa Perpustakaan Mempunyai peran penting dalam menjalankan tugas negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, semakin maju suatu negara, semakin baik pula fasilitas perpustakaannya, Pj. Bupati berharap, dengan hadirnya Gedung Perpustakaan yang baru, minat baca masyarakat akan meningkat dan pengunjung yang datang akan merasa nyaman, Pj Bupati menyebut bahwa perpustakaan seharusnya menjadi seperti destinasi wisata, di mana pengunjung yang datang akan memiliki keinginan untuk kembali lagi.

Pj. Bupati mengakui bahwa dengan kondisi sarana yang ada sebelumnya, angka kunjungan perpustakaan di Lombok Timur sudah cukup baik. "Dengan sarana dan prasarana yang ada saja, jumlah kunjungan di 2024 meningkat dibandingkan dengan 2023. InsyaAllah, saya yakin peningkatan pengunjung di 2025 bukan hanya 26% lagi, tapi bisa mencapai minimal 50%, dan harapan kita bisa mencapai 100%," ujarnya.

PJ Bupati juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terlaksananya pembangunan gedung tersebut, terutama semangat dan komunikasi yang sangat baik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur. “Alhamdulillah, kita mendapatkan anggaran kurang lebih 10 miliar rupiah. Tidak semua daerah mendapatkan kesempatan ini. Saya bangga hadir karena ini bukan berasal dari PAD, tetapi dari DAK, yang berarti ada proses komunikasi yang baik dari dinas terkait, didukung oleh Bappeda serta OPD lainnya sehingga kita bisa memperoleh dana tersebut. Kita bersyukur,” ungkapnya.¬¬

Sekretaris Dinas (Sekdis) Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur, Marepudin, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah kunjungan di Perpustakaan Daerah pada tahun 2023 mencapai 29.636 orang. Sementara itu, pada tahun 2024, selama periode Januari hingga April, jumlah pengunjung mencapai 11.103 orang, sehingga diprediksi akan mencapai 33.309 orang pada akhir tahun.

Ia pun berharap bahwa pembangunan ini akan menjadi pemantik serta daya tarik bagi pengunjung, baik dari kalangan masyarakat, mahasiswa, maupun pustakawan. "Pengunjung akan lebih tertarik datang setelah melihat bangunan kita yang megah, mewah, aman, dan nyaman di dalamnya nanti," ujarnya dengan optimis.

Proyek pembangunan gedung tiga lantai ini melibatkan CV. Asrid Bina Utama sebagai Konsultan Teknik, CV. Adi Cipta Konsultan sebagai Konsultan Arsitektur dan Teknik, serta PT Anindita Konstruksi Jaya sebagai kontraktor pelaksana dan pemenang kontrak melalui Unit Pengadaan Barang & Jasa (UPBJ) Lombok Timur. (win)


Editor.   Nukman

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda