BUPATI KADER JAELANI: GEOPARK TAMBORA BERKAH BAGI DOMPU DAN MENJADI NIKMAT YANG PERLU DISYUKURI - Jejak Info

Selasa, 06 April 2021

BUPATI KADER JAELANI: GEOPARK TAMBORA BERKAH BAGI DOMPU DAN MENJADI NIKMAT YANG PERLU DISYUKURI




DOMPU, (wartanrpntb.com) Bupati Dompu, Kader Jaelani mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Festival Geopark Tambora yang diprakarsai Dewan Pelaksana Geopark Tambora. 

Kegiatan Festival Geopark Tambora tahun 2021 ini menjadi awal kebangkitan perekonomian daerah, setelah sebelumnya fokus dalam penanganan covid-19. 

Penegasan dimaksdu disampaikan Bupati, saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Festival Geopark Tambora, Selasa (06/04/2021) pukul 16.00 Wita. 

Selanjutnya Bupati sampaikan, Geopark Tambora menjadi berkah bagi Kabupaten Dompu dan perlu disyukuri keberadaanya.
“Geopark tambora adalah adalah berkah dan menjadi satu nikmat yang perlu disyukuri, ungkapnya”. 






Dalam menjaga kelestarian di sekitar geopark tambora sehingga dapat dinikmati secara berkesinambungan, kata Bupati, Pemda akan bersinergi dengan Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Pemerintah Provinsi NTB dan Pengelola Taman Nasional Tambora.

“Dalam menjaga dan melindungi kelestarian alam di sekitar areal Geopark Tambora, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, akan bersinergi dengan berbagai pihak terutama dengan Dewan Pelaksana Geopark, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pengelola Taman Nasional Tambora”, imbuhnya. 

Dalam momen ini Bupati Kader Jaelani juga mengenalkan komoditi porang yang akan dibudidayakan dalam upaya mengembalikan fungsi hutan.

"Komoditi Porang diyakini mampu mengembalikan fungsi hutan, karena dalam pengembangannya mengharuskan adanya tanaman pelindung", ungkapnya.

Diakhir sambutan, Bupati menyapaikan harapan, lewat kegiatan ini, geopark tambora dapat menjadi destinasi pariwisata dunia untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkifliemansyah, M.Sc, dalam momen ini juga, menyampaikan harapan agar suatu saat Dompu dapat dikenal dengan Tambora, dengan Satonda, tidak hanya dikenal karena jagung dan bencananya saja.




Selanjutnya General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Ir. Hadi Santoso, ST.MM,IPM, menjelaskan Festival Geopark Tambora berlangsung tiga hari, Selasa-Kamis (06-08/04/2021) dirangkaikan dengan launching lomba photo beatiful tambora, penyerahan bantuan UMKM serta pemberian penghargaan kepada petugas KPH dan masyarakat peduli konservasi hutan di lingkar Tambora.

Kegiatan pembukaan berlangsung aman dan lancar dihadiri Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Forkompinda, Pimpinan OPD, Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Pengelola Taman Nasional Tambora, dan elemen penting lainnya dengan mematuhi protokoler kesehatan covid-19.

(pro//001)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda