Indahnya Alam BUMDes Ijo Tandur Batu Kumbung Gunung Jae Sedau Narmada - Jejak Info

Kamis, 15 April 2021

Indahnya Alam BUMDes Ijo Tandur Batu Kumbung Gunung Jae Sedau Narmada

Wartanrpntb.com – Obyek wisata Gunung Jae sebenarnya bukanlah sebuah gunung, tetapi lebih tepat disebut tebing perbukitan yang mengitari sebuah muara sungai berbentuk danau kecil. Danau kecil nan tenang inilah yang menjadi daya tarik obyek wisata Gunung Jae. Mirip miniature Gunung Rinjani. Danau kecil ini sering disebut dengan julukan Pantai Cendol (Tulisan Pantai Cendol, silahkan baca Perspektif Edisi Februari 2012).

Pantai cendol ini mendapat aliran air dari dua buang sungai di kiri kanannya. Satu sungai agak besar dan satunya lagi sungai kecil. Kedua sungai ini memiliki air yang bening dan jernih. Dari aliran sungai inilah kemudian bertemu di muara yang dikenal dengan pantai Cendol. Air dari pantai Cendol inipun kemudian mengalir deras menuju sungai yang melewati pinggiran Taman Narmada (Dulunya sungai ini sempat direncanakan akan jadi lokasi arung jeram).

Indahnya obyek wisata ini tak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa waktu lalu, lokasi ini sempat dijadikan sebagai salah satu lokasi shoting film Misteri Gunung Rinjani (MGR) yang diperankan  Bupati Zaini Arony.
Selama ini kita baru mengenal dua obyek wisata bernama gunung yaitu obyek wisata Gunung Pengsong dengan pura dan kegiatan religius umat Hindu di sana, dan Gunung Sasak yang saat ini akan dijadikan sebagai salah satu tempat latihan menembak oleh Perbakin. Nantinya obyek wisata bernuansa gunung akan bertambah dengan dikembangkannya Gunung Jae.
Perencanaan dari Dinas Parawisata Lombok Barat menyebutkan, obyek wisata Gunung Jae akan dikembangkan  menjadi tempat rekreasi alternatif dan cocok mengembangkan tempat latihan Sky Boat.
Adanya upaya pengembangan destinasi baru ini disambut positif dua kepala dusun yaitu Selen Aik (Mirate) dan Sedau Desa (Sarisah). Ia berharap jika pemerintah benar-benar mewujudkan Gunung Jae ini sebagai tempat rekreasi, maka mereka yakin perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya akan lebih baik.
“Selama ini masyarakat kami banyak berprofesi sebagai penambang pasir di pantai cendol,  dan juga sebagai petani di sawah,” ujar Mirate tentang profesi warganya.

Untuk itu Mirate berharap agar infrastruktur jalan menuju Gunung Jae segera diperbaiki sebagai tahap awal memperlancar perekonomian masyarakat kelima dusun yang mengelilingi obyek wisata tersebut.
“Dan permintaan kami, agar masyarakat sekitar dipekerjakan dan diberikan kesempatan untuk menikmati lapangan pekerjaan yang ada di wilayahnya jangan dijadikan penonton di wilayah kami sendiri,” pinta Sarisah. 
(prokom) 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda