Kisah Mahasiswi yang jadi Penjual Makanan Demi Bantu Keluarga - Jejak Info

Kamis, 02 November 2023

Kisah Mahasiswi yang jadi Penjual Makanan Demi Bantu Keluarga


Berikut Cuplikan Highlights Lapak Piring Penuh yang sangat sehat itu.



JejakInfo.com | Awalnya Redaksi jejakntb memasuki Gerai indomart setelah bundaran perempatan Majapahit guna mengisi paket data dan pulsa serta memarkir di depannya namun secara tiba tiba menoleh ke arah kanan dan melihat ada yang unik disamping retail moderen tersebut.

Ownernya sangat ramah saking ramahnya dia langsung menyapa kita dengan mengatakan bapak ngiler yaach tanyaknya penuh kelembutan saat kru jejak menghampiri gadis cantik berparas ayu yang baru menginjak usia 23 tahun di akhir 2023 ini. Tanpa sadar ternyata dialah pemilik lapak Piring Penuh yang viral itu.


Tanpa gengsi mahasiswi berparas ayu yang tengah mengikuti pascasarjana semester akhir ini mencari sendiri penghasilan tambahan guna membantu meringankan beban kedua orang tua menguatkan kapasitas terutama membiayai dirinya yang tengah menyelesaikan program magister pendidikan bahasa di FKIP Unram. Sambil kuliah iapun sibuk melayani pembeli di lapak kekinian 'Piring Penuh'.


Wanita bernama Silvia Sukaina (23) patut diacungi jempol. Sebab Silvi begitu sapaan akrabnya adalah seorang mahasiswi pascasarjana rela berjualan di pinggir jalan demi bantu keluarga. Silviana lahir di Mataram, 30 September 2000 telah menyelesaikan S1 di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Mataram .

"Saya sejak dulu jualan bahkan saat saya S1 sudah jualan, sementara ini saya bantu diri saya sendiri dengan cara berjualan membuka 'Lapak Piring Penuh' ini mencari tambahan cuan buat biaya kuliah di Unram. Sementara juga dibantu teman sekitar 2 orang berjualan di lapak ini," kata Silvi kepada jejakinfo.com saat ditemui di Lapak miliknya depan Indomart Jalan Majapahit, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (2/11/2023).

Dari pantauan jejakinfo.com, Silvi yang merupakan anak kedua dari empat saudara ini tengah sibuk melayani pembeli makan, Kamis (2/11). Ada sejumlah makanan dijual di warung yang bernama "Piring Penuh" di Depan Indomart depan Taman Budaya Mataram pas perempatan lampu merah.

Tampak Silvi juga cekatan ketika melayani para pembeli. Silvi juga ramah dengan para pembeli yang datang.

Silvi menceritakan dia membantu berjualan di warung makan sejak enam bulan ini. Dia mengaku berjualan selain membantu meringankan beban keluarga juga dirinya mengaku hobi memasak makanan apa saja. Di sela berjualan dia mengaku harus bisa membagi waktu karena masih menjadi mahasiswa di salah satu kampus ternama  di Nusa Tenggara Barat.

"Enam bulan di sini berjualan, saya mahasiswa PascaSarjana di FKIP Unram jurusanBahasa Indonesia," kata dia.

Setiap hari kecuali hari Minggu, lapaknya buka mulai pukul 06.00 WITA hingga 23.59 WITA. Bahkan lagi promo lhoo. Beberapa menu makanan dan minuman enak yang dijual dilapak yang sangat bersih dan higienis itu

Ini listnya⤵️⤵️⤵️⤵️⤵️⤵️⤵️

"Yang masak saya, dan dibantu staf yang jualin. Harganya mulai Rp 6 ribu sampai Rp 15 ribu," ungkap Silvi.

Di tengah - tengah kesibukan menjadi mahasiswa pascasarjana dia mengaku harus pintar membagi waktu. Apalagi saat ada acara acara besar Silvi juga sering bahkan kerap dipakai yang punya hajatan sebagai pembawa acara (Master Ceremoni) atau MC. Dia pun harus berjualan sambil kuliah dan sambil nge- MC di beberapa tempat di Mataram.

"Kalau pas ada jadwal nge MC terpaksa harus berhenti dibantu teman termasuk mbak khusnul, saya kuliah sebentar dan bawa acara sebentar. Baru itu melanjutkan berjualan lagi," ujar dia.

Silvi menuturkan, setiap hari warung miliknya ramai pembeli. Terutama saat sarapan dan makan siang. Bahkan dia terlihat kewalahan saat melayani pembeli waktu ramai. Tak jarang karena sosok yang masih muda sering digodain pembeli.

"Kalau ramai pas sarapan dan siang. Beruntung ada yang bantu. Soal yang iseng ada. Iseng minta kontak hp, cuman tidak saya kasih," ujar Silvi

Dia pun mengaku senang bisa membantu berjualan keluarganya. Apalagi bisa menambah uang kuliah.

"Ya bisa membantu orang tua, karena saya sudah dewasa jadi harus mandiri laah abang," kata dia.

Sementara itu, Husnul (35) menuturkan sangat senang membantu Silvi berjualan makan. Karena Mbak Husnul yang biasanya membantu sedang ada kesibukan. Dia mengaku Silvi merupakan sosok gadis pekerja keras.

Sehari - hari Silvi seorang mahasiswi aktif di FKIP Unram Mataram. Namun di sela - sela menjadi mahasiswa Silvi juga aktif diberbagai kegiatan produktif lainnya di Kampus. Karena bagi Silvi konsepnya itu bakal diikuti teman teman se angkatannya yang peduli UMKM dan platform industrialisasi goes to campuses.

"Mbak Silvi ini selain mahasiswi juga aktifis bang, sangat dipakai di Mataram ini termasuk sering diundang warga untuk membawa acara di setiap acara dan hajatan karena mbak silvi selain lembut suaranya juga ramah dan low profile orangnya dan yang paling tepat itu Silvi sangat mandiri berdikari beda dengan anak anak lainnya. Saya hari ini ikut bantu menyiapkan bumbu masakan termasuk menyiapkan apa saja bahkan sekedar standby untuk apapun. Bantu cuci piring, sendok segala macam," tambah husnul saat ditemui di warung makan kemarin.

Berikut profil aseli Owner Lapak Piring Penuh yang sangat fenomenal itu,

 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda