DPRD Sumbawa dan DPRD Kota Mataram Sepakat Bentuk Rumah Aman untuk Anak-Anak Korban Trauma - Jejak Info

Rabu, 17 April 2024

DPRD Sumbawa dan DPRD Kota Mataram Sepakat Bentuk Rumah Aman untuk Anak-Anak Korban Trauma

Foto. Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq SH tengah serius membahas program terbaru bersama anggota


SUMBAWA, JejakInfo.com | Langkah nyata dalam melindungi anak-anak yang menjadi korban trauma di Sumbawa terwujud melalui kesepakatan antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa dan Kota Mataram, untuk membentuk Rumah Aman.

Keputusan ini diambil setelah pertemuan antara kedua pihak bersama Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram dan Rumah Pelayanan Perlindungan Anak (RPPA) Kota Mataram.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rofiq, SH Rabu (17/04/2024), menyampaikan komitmen untuk meningkatkan perlindungan anak-anak di wilayahnya. Salah satu langkah konkrit yang diambil adalah dengan mengadopsi konsep Rumah Aman, yang akan menjadi tempat bagi anak-anak untuk mendapatkan perlindungan dan pemulihan dari berbagai trauma yang mereka alami.

"Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak yang mengalami kesulitan dan trauma akibat berbagai persoalan yang mereka hadapi," ungkap Abdul Rafiq.

Abdul Rafiq, menambahkan bahwa Rumah Aman ini tidak hanya akan melayani anak-anak di Sumbawa, tetapi juga anak-anak korban kekerasan dan trauma dari sekitar pulau Sumbawa, seperti KSB, Bima, Dompu, dan Kota Bima.

Kerja sama antara LPA dan RPPA Kota Mataram dengan DPRD Sumbawa dalam pembentukan Rumah Aman ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam percepatan penanganan kasus kekerasan dan trauma anak-anak.

Abdul Rafiq, berharap bahwa keberadaan Rumah Aman ini akan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang mengalami kekerasan di wilayah Pulau Sumbawa, termasuk Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu. 

Rumah Aman diharapkan dapat memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk mendapatkan perlindungan dan pemulihan dari trauma yang mereka alami. Dengan demikian, langkah ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam membantu anak-anak yang membutuhkan di wilayah tersebut.

Langkah-langkah konkret yang diambil oleh DPRD Kota Mataram dan DPRD Sumbawa dalam bentuk Rumah Aman ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dan holistik bagi anak-anak yang mengalami trauma di NTB.(RED)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda