Agar Sukses dan Cepat Lulus, Memahami Peraturan Akademik dan SIAKAD harus Mantab dan Tuntas - Jejak Info

Jumat, 19 Maret 2021

Agar Sukses dan Cepat Lulus, Memahami Peraturan Akademik dan SIAKAD harus Mantab dan Tuntas



Seri Tulisan Kedua Anak Kuliah


Oleh : Abdul Maruf Rahmat. SP

Keseruan Pertemuan Orientasi Akademik Mahasiswa angkatan VII hari ini Kamis (18/3) semakin meningkat ketika Saya mendapatkan materi Sosialisasi SIAKAD oleh Ibu Silvia Firda Utami ST, M.Sc. Direktur Akademik Universitas Teknologi Sumbawa.
“Saya sampaikan Selamat bergabung pada Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa Urai Firda Mengawali presentasinya. “ Pada kesempatan kali ini Saya mawakili Bapak Wakil Rektor 1 ya ?.. Bapak Abdul Hadi Ilman sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia belum bisa hadir karena kurang sehat, “Jadi di kesempatan kali ini saya ada dua pemaparan yang pertama yaitu tentang Peraturan Akademik Program pascasarjana UTS dan terkait SIAKAD. “seperti Universitas-Universitas lain baik Universitas Negeri maupun swasta di Indonesia untuk Program Magister diarahkan untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai dengan Jenjang 8 (delapan) dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yakni

1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/ atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, biasanya untuk poin ini setingkat lebih tinggi dari sarjana strata 1 (S1)

2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
contohnya kalau di S1 dulu kita hanya menguji satu metode dengan metode lain sedangkan kalau untuk yang S2 ini kita lebih mengembangkan metode tersebut dan mengkombinasikan kemudian menjadi satu hal yang baru untuk bisa dianalisis dan dapat menjadi solusi atas sebuah permasalahan.

3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. Harapan dari jenjang ini adalah tesis atau riset yang dilakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan keilmuan masing masing.

Pada level 8 ini diharapkan Mahasiswa Magister akan menjadi lebih Ahli dan profesional. Harapnya.

Sebelumnya, dalam menjaring mahasiswa Pasca sarjana ada persyaratan menjadi calon mahasiswa pascasarjana sebagaimana yang telah dilakukan yakni 1) Lulus dalam skoring Nilai Tes Potensi Akademik (TPA) Universitas Teknologi Sumbawa; 2) Nilai Ujian Bahasa Inggris yang diadakan oleh Universitas; dan 3) terpenuhinya IPK yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya minimum 2,50.

Program magister pascasarjana ini berbeda dengan S1. Beban studi Program Magister adalah minimal 38 SKS dengan penjadwalan dan masa studi sebagai berikut:
• Program Magister dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu sekurang-kurangnya 3 (tiga) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester;
• Ketentuan jumlah SKS maksimum per semester yang dapat diikuti oleh mahasiswa Program Magister adalah 18 (enam belas) SKS

Program Magister mewajibkan mahasiswa untuk:
• mengikuti sejumlah mata kuliah terstruktur yang tertera dalam kurikulum;
• menghasilkan 1 (satu) makalah terkait studinya sebagai penulis utama yang didampingi oleh pembimbing yang sudah diterima untuk diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi atau telah dipresentasikan pada prosiding internasional;
• menyerahkan 1 (satu) tugas akhir dan mengikuti Ujian Tesis sebagai tahap akhir Program Magister.

Selanjutnya Presentasi Sosialisasia Keuangan oleh Ibu Yossy Dwi Erliana S.Psi, M.Psi Selaku Wakil Rektor II UTS.

"Untuk kesuksesan pendidikannya Mahasiswa wajib melakukan Registrasi Administrasi dan Akademik" Katanya membuka pembicaraan, yang terdiri atas beberap hal yakni :

a) Mahasiswa harus melakukan registrasi administrasi dan akademik untuk mengikuti kegiatan akademik pada suatu semester.

b) Registrasi administrasi dilakukan dengan melakukan pembayaran biaya pendidikan secara tunai melalui bank yang bekerjasama dengan Universitas.

c) Registrasi akademik dilakukan dengan melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).

d) Registrasi administrasi dan akademik dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan dalam Kalender Akademik Universitas.

e) Kartu Rencana Studi dibatalkan apabila biaya pendidikan belum dibayar sampai akhir masa pembayaran.

f) Mahasiswa yang diizinkan untuk membayar biaya secara mencicil, namun belum melunasi hingga akhir semester, tidak dapat melakukan registrasi akademik pada semester berikutnya.

g) Mahasiswa dapat melakukan registrasi akademik setelah tunggakan biaya pendidikan dilunasi.

Dalam melakukan registrasi Akademik Mahasiswa mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara daring (on-line) sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk mahasiswa tersebut. Jumlah SKS yang diperbolehkan diambil disesuaikan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) pada semester terakhir mahasiswa tersebut aktif.

Berbicara terkait dengan Status Mahasiswa ada beberapa kondisi yang dapat terjadi, Yang paling utama adalah Mahasiswa tetap bertekad untuk aktif Aktif, yaitu melakukan registrasi administrasi dan registrasi akademik serta aktif melakukan kegiatan akademik;

Dikondisi berbeda Status mahasiswa bisa Tidak Aktif (Kosong), bila tidak melakukan registrasi administrasi dan/ atau registrasi akademik. Urainya. Staus lainnya adalah ada yang mengambil Cuti Akademik, yaitu tidak melakukan kegiatan akademik selama satu atau dua semester dengan persetujuan Direktur Sekolah karena keinginan mahasiswa demikian juga ada Cuti Akademik dengan Alasan Khusus, yaitu tidak melakukan kegiatan akademik selama satu atau dua semester dengan persetujuan Direktur Sekolah karena halangan yang tidak dapat dihindari.

Dan Status Lulus dapat diraih yaitu jika telah memenuhi semua persyaratan akademik dan administratif untuk ditetapkan sebagai Magister.

Sebelum Lulus ada ketentuan untuk penyusunan tesis atau tugas akhir di bawah pantauan dan evaluasi seorang Dosen Pembimbing Tugas Akhir, juga diwajibkan untuk menulis karya ilmiah yang menghasilkan 1 makalah terkait studinya sebagai penulis utama yang didampingi oleh pembimbing yang sudah diterima untuk diterbitkan di jurnal nasional dan terakreditasi atau telah dipresentasikan pada Skala Internasional.

Atas Hal ini UTS memiliki Gebrakan yang sangat mendukung Mahasiswa Pasca yakni UTS sendiri telah melaksanakan apa yang dibutuhkan seperti seminar nasional. Nah pada saat itulah Kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mempresentasikan papernya sehingga kewajiban ini bisa terpenuhi . Pungkas Yossy.

Pelaksanaan Sosialisasi Akademiki Sekolah Pasca Sarjana UTS ini dipandu Oleh Subhan Azharullah Anak muda multi talenta kaya ide dan gagasan yang telah menempa dirinya dengan meng-MC berbagai event acara nasional maupun Internasional. Secara Apik memberikan suasanan menyenangkan bagi semua peserta Orietasi Akademik.

Sesi Selanjutnya Dijelaskan oleh Silvia Firda Utama ST, M.Sc Untuk menopang Semua Kegiatan akademik ada Sistem yang dibangun dan dipakai di Kampus Universitas Teknologi Sumbawa yang bernama SIAKAD. SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) online adalah suatu Sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.

Tujuan SIAKAD adalah untuk memudahkan dan mempercepat pengelolaan informasi mulai dari registrasi mahasiswa baru, informasi-informasi penting, pengisian KRS, jadwal kuliah hingga diwisudanya mahasiswa dapat dikelola dengan sistem inforamasi akademik.

Dengan adanya SIAKAD diharapkan pengelohan data user dan sistem yang menerima input dan segala transaksinya selama perkuliahan bisa dicek secara otomatis dan lebih mudah.

Fungsi SIAKAD diharapkan sebagai pusat Integrasi Data, Informasi, Rekam Kegiatan Kampus (jadwal, krs, nilai dll) dan Media komunikasi atau bisa disebut Jembatan penghubung antara Dosen dan Mahasiswa karena didalanya dapat mengetahui cara Pengajuan KRS, Informasi Akdemik, Daftar Hadir Dosen, Ploting Mata Kuliah, Melihat Data Akademik, Melihat Nilai Online serta Evaluasi pembelajaran. Sistem ini bisa diakses melalui https://portal.uts.ac.id/manual/Panduan__Penggunaan__E-Learning_dosen_mahasiswa.pdf yang dapat di download di akun SIAKAD masing-masing mahasiswa. Jelasnya.

Apa yang kita lakukan selama kuliah pasti akan dimasukkan dalam SIAKAD Sehingga setiap mahasiswa harus memahami dengan baik dan tuntas SIAKAD ini Pungkas Firda

Dipenghujung Sesi ini dijelaskan terkait dengan proses evaluasi dan asesmen “jadi di dalam proses pembelajaran, Program Magister Manajemen sekolah kita menganut sistem evaluasi dan asesmen seperti yang telah disebutkan, pada semester 1 ini hanya untuk mata kuliah wajib saja, sementara mata kuliah pilihan akan diambil atau ditempuh pada semester 2 dan juga semester 3 dan hal ini sangat tergantung kepada indeks prestasi mahasiswanya, Bila prestasinya Bagus maka Mata Kuliah tambahan dapat diambil dari materi Kuliah Pilihan yang disiapkan Kampus. Sebaliknya apabila prestasinya tidak bagus maka mata kuliah itu bisa bergeser ke belakang atau semester berikutnya. Jelas Firda. “Dan saya harap ini tidak terjadi karena kita lihat dari teman-teman mahasiswa pasca yang sudah jalan (angkatan sebelumnya) itu tidak pernah terjadi apa namanya salah perencanaan seperti itu, Jadi pada semester 3 itu mahasiswa semester 3 itu dapat memprogramkan mata kuliah Pilihan. di perkuliahan semester 3 atau semester 4 dapat ditarik mengerjakan tugas yang kita kenal dengan penulisan tesis. Inilah keunggulan UTS bahwa sejak semester pertama pengajuan rancangan tugas akhir telah dilaksanakan ini juga yang membedakan kurikulum kita dengan pascasarjana yang lain, di semester pertama mata kuliah penunjang tugas akhir seperti mata kuliah metodologi penelitian dan statistik terapan menjadi wajib untuk dapat menulis mengajukan rancangan tugas akhir mulai dari pengajuan topik atau tema penelitian sesuai dengan bidang peminatan, latar belakang pendidikan konsentrasi-konsentrasi sesuai dengan latar belakang pendidikannya sesuai dengan profesi dan pekerjaan yang ditekuni kemudian nantinya menjadi bahan dalam menetapkan Judul dan topik dibawah bimbingan dosen pembimbing, Kemudian berproses sampai menjadi Tesis. Demikian Pungkas Firda.

"Selamat dan Sukses Pertemuan Orientasi Akademik Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa Angkatan VII Semester Genap Tahun 2021".

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda