Asyiknya Mengikuti MOS di Magister Manajemen Inovasi UTS - Jejak Info

Kamis, 18 Maret 2021

Asyiknya Mengikuti MOS di Magister Manajemen Inovasi UTS




Seri Tulisan Pertama Anak Kuliah :

Oleh : Abdul Ma'ruf Rahmat, SP

Pagi ini Kamis (18/3) saya bersama Seluruh Mahasiswa Pasca Sarjana Program Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa melaksanakan  Pengenalan atau  Masa Orientasi Sekolah (MOS)  Mahasiswa Baru Angkatan 7 Program Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa.  Kegiatan ini penting untuk dilaksanaakan sebagai bekal dalam memasuki masa perkuliahan nanti. Bisa dikatakan Saripati dari semua petuah Para Pengampuh ada dalam pertemuan ini. 

Dr. Muhammad Saleh selaku Direktur Pasca Sarjana UTS pada kesempatan tersebut memaparkan secara gamblang Keberadaan Kampus  Universitas Teknologi Sumbawa dan Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa
 “ Selamat datang dan Selamat Bergabung di Universitas Teknologi Sumbawa" Bukanya.
kampus ini merupakan salah satu Perguruan tinggi Swasta di NTB, berdiri tahun 2013 yang lalu, "jadi belum lama  baru sampai 10 tahun dan   sekarang tahun 2021 sebagai pendirinya adalah Bapak Doktor Zulkiflimansyah yang saat itu beliau masih sebagai anggota DPR RI dan sekarang ini Alhamdulillah beliau adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat sebagai penggagas berdirinya Universitas teknologi Sumbawa, kemudian pada tahun 2016 di kawasan Universitas  ini berdiri Science Techno Park atau kemudian diberi nama Sumbawa Techno Park. Berdirinya program ini adalah sebuah lembaga riset yang dimaksudkan bagi tumbuh kembangnya wirausaha dalam rangka mendukung program tersebut maka pada tahun 2017 Magister Manajemen Inovasi Uts didirikan pada Sekolah Pascasarjana di Sumbawa. 

“berangkat dari pendahulu berdirinya saya memimpin selanjutnya  dan manajemen inovasi teknologi terus berkembang sejak didirikan tahun 2017 hingga Pada awal tahun 2020 Magister Manajemen Inovasi mendapatkan status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).  Oleh BAN diperoleh akreditasi BAIK . Sehigga Bapak / Ibu tidak usah  khawatir atau ragu-ragu dengan status dari ijazah yang diterbitkan nanti,  karena Program Magister Manajemen Inovasi adalah program studi yang sudah terakreditasi Jelas Dr Saleh.  Perkembangan selanjutnya, sejak berdiri dari tahun 2017 Kampus telah menerima mahasiswa sebanyak 7 angkatan dan telah melaksanakan 2 kali periode wisuda dengan melepas sebanyak 51 orang Wisudawan. 

Demikian juga dengan perkembangan dosen tetapnya,  Magister Manajemen  Inovasi  sampai saat ini memiliki 13 orang dosen tetap  dengan Kapasitas dan Kepakaran yang sangat mumpuni sebut saja diantaranya adalah Dr. Zulkiflimansyah, SE, MSc, Dr. Taryono, MM,. Dr. Ir. H.A Kahar Karim MM, Dr. Deddy Heriwibowo, SE, M.Ec.Dev, Dr. Raddyium Ikono, SE. M.Sc. Dr. Umar., Dr. Ir. Muhammad Saleh. M.Si dan Dosen tetap lainnya yang tak asing lagi yakni Dr. Andy Tirta. Semua Dosen Pengampu ini juga berkecimpung langsung di bidang Kepakarannya di Pemerintahan, Lembaga Ekonomi, dan yang Pasti Kebanggaan kita Tau dan Tana Samawa adalah Dr Zul sebagai Gubernur NTB. Ditengah kesibukannya yang super padat tetap mengajar di Kampus Magister Manajemen Inovasi Uts ini. 

‘Dosen-dosen tetap yang disebut diatas dan yang lainnya tetap mengajar perkuliahan secara Daring (online) mengingat kondisi Pandemi yang melanda Daerah dan negeri ini, dan dalam kondisi khusus  kuliah klassical atau Ofline dilaksanakan sesuai dengan standar kesehatan pencegahan Penyebaran Covid 19. 

Saya bersyukur pada Pengenalan Kampus ini kami bertemu dengan lebih dari 100 orang via Daring, Sudah terbayang Asyiknya berdiskusi dengan talenta muda dan cendekia yang akan berbagi pemikirannya dibidang Inovasi teknologi. “Alhamdulillah saya masuk dalam kelas 7A artinya angkatan ke tujuh kelas A yang diikuti oleh 41 orang mahasiswa pasca Sarjana. Didalmnya juga ada Kolega dan teman organisasi diantaranya Dea Guru H. Ustadz Faisal Salim, Sdr Ilham Jaya Pranata, Syaifullah, Gabung Kamiruddin dan Kawan kawan dari Kabupaten Sumbawa Barat, yang pada penyelenggaraan perkuliahan pada semester 1 ini dibagi dalam tiga kelas 

Bang Subhan Azharullah selaku Host dan Modeator Pengenalan Kampus ini memandu secara manis dan segar terkait dengan rencana studi yang akan ditempuh Mahasiswa Pasca sarjana UTS diantaranya adalah tentang 1) Dosen Pengampu Mata Kuliah, 2) Sosialisasi SIAKAD, 3) Tema, Topik dan Judul dan Kerangka Penelitian. 4) Sosialisasi Peraturan Akademik Program Magister, 5) Ringkasan Kurikulum, 6) Mata Kuliah Wajib dan Pilihan dan Diskusi atau tanya jawab seputar Kampus.

Dijelasakan oleh Dr M Saleh bahwa  perkuliahan dipimpin oleh dosen- dosen pengampu matakuliah untuk mata kuliah wajib dengan total sebanyak 12 SKS. “jadi mata kuliah wajib kita di semester pertama adalah 12 SKS dan hanya itu aja yang dibolehkan dari bagian akademik.  karena kita ini belum bisa mengambil mata kuliah pilihan semester 1. Urainya. Pada semester 1 ini ada 4 Mata Kuliah yaitu 1) Ekonomi, Pembangunan dan inovasi teknologi sebanyak 3 SKS. 2) Sistem Inovasi dan Learning organisasi sebanyak 3 SKS 3) Statistika terapan untuk inovasi sebanyak 3 SKS. Dan 4) Metodologi Penelitian sebanyak 3 SKS.  Kemudian Lanjut Dr Saleh “sedikit  berbicara tentang Matakuliah ekonomi, pembangunan dan inovasi teknologi,  yang dimaksudkan disini adalah 3 Kata secara terpisah yakni ekonomi , pembangunan dan Inovasi. sejatinya adalah pembangunan ekonomi dan inovasi teknologi sebagaimana yang  terdaftar di Dikti adalah pembangunan ekonomi dan inovasi teknologi.

“pada saat ini masih di dalam kondisi Pandemik Covid 19,  maka kita kuliah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Jelasnya “ kita tidak diperbolehkan untuk kuliah klassikal atau kuliah offline.  kuliah secara umum dilaksankan secara daring (online) kecuali untuk kuliah-kuliah khusus akan dilaksanakan secara offline secara klasik, tapi itupun tetap akan kita terapkan prosedur kesehatan secara hati-hati sesuai dengan prosedur yang ditetapkan kesehatan. pungkas Dr Saleh 

bersambung..ke Sosialisasi SIAKAD

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda