Tujuh Kapal Pesiar Segera Bersandar di Lombok - Jejak Info

Rabu, 17 Maret 2021

Tujuh Kapal Pesiar Segera Bersandar di Lombok


Kapal Pesiar yang bersandar
di  Pelabuhan Gili Mas Lembar 
Awal Tahun 2021 lalu (wartanrpntb.com//tim) 

Giri Menang (wartanrpntb.com) – Pihak PT Pelindo III (Persero) Lembar mengonfirmasi rencana kedatangan tujuh kapal pesiar di bulan Oktober hingga Desember 2021 mendatang. Rencana kedatangan kapal pesiar yang akan membawa wisatawan yang diperkirakan dalam jumlah besar, diperoleh dari pihak agen pelayaran kapal Cruise.

Demikian dikatakan General Manager (GM) Pelindo III Lembar Baharudin kepada wartanrpntb.com, Selasa, 16 Maret 2021. ‘’Rencananya tujuh kapal pesiar (Cruise) akan singgah mulai bulan Oktober ini. Itu pemberitahuan dari agen pelayaran kapal Cruise,’’ katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan daftar kapal yang menelepon pelabuhan Lombok (Gili Mas Lembar red) tujuh kapal pesiar yang akan singgah mulai bulan Oktober ada satu jadwal kedatangan. Bulan November ada dua jadwal kedatangan dan bulan Desember sebanyak empat kapal pesiar yang akan singgah.

Dirincikan lagi, jadwal tujuh kapal yang mengonfirmasi rencana kedatangannya diantaranya kapal Royal Princess. Kapal pesiar dengan 142714 gross register tonnage (GRT) dan memiliki LOA atau panjang kapal 329.87. Rencananya kapal ini singgah tanggal 24 Oktober 2021. Kemudian pada November, ada dua kapal yang direncanakan bersandar yakni Pasific Counter tanggal 16 November 2021. Kapal dengan 108877 gross register tonnage (GRT) dan memiliki LOA atau panjang kapal 289.51. Selanjutnya tanggal 27 November 2021, Kapal Viking Orion yang akan bersandar. Kapal ini memiliki gross register tonnage (GRT) 47861 dengan LOA atau panjang kapal 228.

Berikutnya pada bulan Desember ada empat kapal pesiar yang akan bersandar Masing-masing tanggal 3 Desember 2021 kapal silver Muse 6 Desember 2021 Kapal seabourn ovation. Kemudian tanggal 13 Desember Kapal Noordam, dan terakhir yang dijadwalkan singgah Kapal pesiar TBN. Kapal pesiar ini jelas GM Pelindo Lembar ini, mengangkut ribuan wisatawan asing dari berbagai negara. Namun, pihaknya belum bisa memastikan agenda kunjungan wisatawan kapal pesiar itu seperti apa. Kalau mereka ke daratan, tentu Pihaknya harus koordinasikan dengan instansi terkait.

Menurut Baharuddin, kedatangan wisatawan kapal pesiar mulai Oktober bertepatan dengan jadwal penyelenggaraan ajang MotoGP di sirkuit Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Kapal pesiar berukuran besar tersebut rata-rata membawa penumpang sebanyak 1.500 hingga 2.000 orang. Pihak Pelindo, hanya menyediakan fasilitas sandar kapal dan terminal bagi para penumpang kapal. Sedangkan yang berkaitan dengan pemeriksaan kondisi kesehatan kapal dan penumpang menjadi ranah instansi lain.

Bagiamana dengan protokol kesehatan menyambut tamu kapal pesiar ini? Pihaknya memastikan penerapkan protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan seperti penyambutan kapal pesiar tahun lalu. ‘’Kami tetap menjalankan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir,’’ ucapnya. Ia berharap kedatangan tujuh kapal pesiar tersebut bisa sesuai jadwal sehingga pariwisata di Pulau Lombok kembali menggeliat. Terlebih, pemerintah sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat, termasuk pelaku pariwisata di daerah.


(team wartanrpntb.com)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda