PROSPEK EKONOMI KOMODITI JAGUNG SEMAKIN MENGGAIRAHKAN . - Jejak Info

Kamis, 22 April 2021

PROSPEK EKONOMI KOMODITI JAGUNG SEMAKIN MENGGAIRAHKAN .

By. Akhsan Khan*

wartanrpntb.com, -
Sinkronisasi dan kolaborasi diskresi pemerintah pusat dan pemerintah daerah ikut memberi dampak positif terhadap cara kerja dari mekanisme pasar dalam menjaga stabilitas harga komoditi  jagung hingga   memberikan kepuasan tersendiri bagi para petani. 

Kenaikan harga jagung yang  melewati HPP pemerintah merupakan fenomena dari besarnya demand daripada supply hingga membuat para pelaku pasar mengambil risk taker yang spekulatif  dengan berebut menaikan harga untuk mencukupi  kebutuhan bahan baku jagung dalam negeri. 
Untuk saat ini harga jagung di kabupaten  dompu menembus angka 4.700. Per kg bahkan bisa terus menaik ke angka 5000  per kg Sampai akhir musim panen raya,tentu ini merupakan track record  harga yang tertinggi selama ini .

Walau memang berdasar dri keterangan  para petani yg berhasil saya wawancarai mengakui bahwa produktivitas komoditi jagung tahun ini sangat menurun drastis  per hektare tetapi mampu ditutupi dengan melambungnya harga yg cukup tinggi hingga tetap memberi profit ekonomi yang tinggi.
Tentu dengan fenomena ini semakin mengkonfirmasi dan menyakinkan kita bahwa komoditi jagung merupakan komoditi  primadona dan andalan yang mampu memberi dampak yang akseleratif terhadap peningkatkan kesejahteraan,pengentasan kemiskinan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat hingga memberi dampak multiplier effect ekonomi terhadap pertumbuhan sektor sektor lain.

Tentu kita sangat mengapresiasi kinerja extraordinary  bupati dompu dalam mengawal dan mengintervensi para pemilik gudang untuk dan para pembeli lainya untuk membeli jagung dengan  harga yang maksimal,oleh karena demikian dengan meningkatkan produktivitas ke depan nya maka dompu dapat menjadi kabupaten yang memiliki income per kapita tertinggi setelah kota mataram.  

Penulis Mahasiswa Program Paska Sarjana FH Unram,  ASN pada Pemkab Dompu.  

(003)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda