YASIN MUSAMMA : "PERUSDA HARUS SEHAT AGAR DAPAT MENGUNTUNGKAN DAERAH". - Jejak Info

Kamis, 22 April 2021

YASIN MUSAMMA : "PERUSDA HARUS SEHAT AGAR DAPAT MENGUNTUNGKAN DAERAH".

wartanrpntb.com, -
Dalam Rapat dengar pendapat yang digelar komisi II DPRD Kab Sumbawa Siang tadi Kamis (22/4) bersama Direktur Perusda Samawa  Muhammad Yasin Musamma  melalai keterangan tertulis kepada media ini memberikan pandangannya terkait dengan Progress Perusda Sabalong Samawa.  

Terkait dengan pembenahan pengelolaan perusda sabalong samawa Kami memberikab apresiasi atas kinerja direktur Baru Ibu Mila Rosalia selama 1 tahun enam bulan menjabat telah menjalankan bisnis perusda dengan segala permasalahannya. Dalam masa tersebut telah membayar sisa hutang perusda sebelumnya. Meskipun masih banyak hal ini perlu menjadi perhatian serius manajemen dan Pemerintah Daerah  agar kondisi hutang Perusda dapat menuju titik nol. Karena neraca yang baik akan dapat membangun kerjasama yang mudah dengan beberapa mitra usaha terlebih lembaga Keuangan. 
Yasin  Mendorong perusahaan daerah agar dapat melunasi segala hutang masa lalu sehingga neraca perusahaan sehat. 
Dalam kesempatan tersebut Yasin berharap Perusda  Sabalong Samawa menggarap bidang usaha yang potensial yang dapat meraih incam bagi perusahaan daerah seperti sentra bisnis baru, yang belum dilakukan oleh kebanyakan usaha kecil mengah lainnya lakukan.  Apa saja itu diantaranya adala usaha pencucian Sarang Burung walet,  mengingat di Kabupaten Sumbawa belum ada fasilitas tersebut bahkan di NTB padahal potensi sarang burung walet di kabupaten Sumbawa dan sekitarnya sangat besar.
Demikian pula Sektor usaha lainnya seperti Pendistribusian BBM jenis solar atau SPBU. Hal ini dapat dilakukan pula manakala kondisi keuangan dan permodalan perusda kuat sebagaimana perusda yang ada di daerah-daerah lainnya berkecimpung di dalam penjualan BBM keuntungan dari sektor ini lumayan besar. Ujar Yasin 
Sementara terkait dengan Program  Maha Desa kami kurang setuju karena usaha mikro ini sudah bisa dilakukan secara mandiri oleh BUMDES serta untuk pembayaran license nya juga sangat mahal. Bila ada anggaran Itu,  cukup untuk unit usaha potensial yg saya sebut diatas bahkan unit usaha lain seperti penjualan air minum kemasan " ini keuntungannya besar bila Perusda mau. Kedepannya perusda dapat ekspo unit unit usaha yg memiliki nilai bisnis yg menguntungkan Daerah   pungkas Yasin Musamma .

Hearing yang digelar di ruang rapat Pimpinan DPRD ini juga dihadiri oleh Kabag ekonomi Setda Sumbawa, Dewan Pengawas Perusda, Kabid Anggaran BPKAD, Sekretaris DPMD Kab Sumbawa. Dari Komisi dua dengan Personil lengkap hadir dalam  jejaring tersebut.

Berikut dokumentasi lengkapnya yang dihimpun tim wartanrpntb.com 

(tim wartanrpntb.com) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda